Jumat, 02 Mei 2008

Tanggungjawab orang tua


TANGGUNGJAWAB ORANG TUA

Dennis Rainey dalam bukunya yang berjudul: “The tribute:What Every Parent Long To Hear.”. Ia menulis tentang bagaimana caranya membantu anak-anak untuk menghormati orang tuanya. Ia berpendapat bahwa ada tiga hal yang penting yang harus dimiliki orang tua, yakni:
Keterlibatan orang tua
Dukungan emosional
Karakter orang tua.
Tidak ada yang lebih diinginkan anak-anak dari pada keterlibatan kita dalam hidup mereka. Anak-anak kita memerlukan lebih dari pada waktu kita, mereka juga memerlukan perhatian. Anak-anak akan berkembang dan bertumbuh dengan baik jikalau kita memusatkan perhatian pada diri mereka.
Kehadiran kita didekat anak-anak adalah sesuatu yang berarti bagi anak-anak. Kehadiran kita tidak sekedar dilihat mereka tetapi keterlibatan kita dalam segala aspek kehidupan anak itu sangat penting.
Anak-anak kita membutuhkan hati kita terjalin dengan hati mereka sepenuhnya. Anak-anak membutuhkan kita saat mereka membuat pilihan-pilihan menyangkut pengembangan karakter mereka, mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, termasuk hal kerohanian.
Jikalau tidak ada kita disamping mereka maka lingkunganlah yang membentuk mereka, jikalau lingkungan baik kemungkinan mereka akan baik, tetapi kalau lingkungan tidak baik?? ..
Sebagai orang tua apakah bijaksana jikalau tanggungjawab yang Tuhan percayakan bagi kita untuk mendidik, membesarkan memperhatikan anak kita diserahkan kepada orang lain?

Firman Tuhan dalam (Ulangan 6:6-9, Amsal 22:6) mengatakan bahwa orang tua yang paling bertanggungjawab dalam kehidupan anak-anaknya. Tanggungjawab orang tua tidak sekedar memberi makan, menyediakan fasilitas tetapi lebih dari pada itu yaitu bertanggungjawab dalam pengembangan karakter dan kehidupan kerohanian anaknya. Untuk mencapai hal tersebut perlunya orang tua hadir dan memberi teladan bagi anak-anaknya. Amin (Ev. Beni S. Regoh)
Posting Komentar